UMKM Mekar

UMKM Mekar, Pahami Cara Cek dan Daftar Penerimanya

Saat ini pemerintah cukup gencar dalam memberikan bantuan untuk masyarakat yang membutuhkan, salah satunya adalah UMKM Mekar. Bagi yang belum pernah mendengar perlu diketahui bahwa bantuan UMKM Mekar ini bisa diakses secara online. Praktek akses online ini untuk mempermudah siapa saja yang ingin daftar dan mengecek tanpa harus mengantre. Pahami juga syarat dan ketentuannya untuk bisa mendapatkan bantuan ini. 

UMKM Mekar, Pahami Alurnya

Dalam proses pengalokasiannya, UMKM Mekar ini bisa diringkas menjadi beberapa alur untuk mempermudah masyarakat. Adapun alur yang harus dilalui bisa dilihat sebagai berikut:

  1. Cek penerima

Alur pertama yang bisa dilakukan untuk mengetahui terdaftar tidaknya pada UMKM Mekar ini adalah dengan mengecek. Segala proses dari pengajuan sampai cek Mekar UMKM cukup dilakukan secara online jadi lebih mudah. Jangan lupa selalu akses link resmi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Biasanya pengumuman penerima ini akan dibagi menjadi beberapa tahap agar penyebarannya lebih merata. 

  1. Siapkan dokumen

Alur berikutnya untuk tahu penerima UMKM Mekar adalah dengan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan. Untuk mempermudah Anda dalam mengecek data diri siapkan KK dan KTP. Kedua dokumen tersebut berguna untuk mengetahui NIK dan data diri lain yang menunjang proses pengecekan bantuannya. Jadi, kedua dokumen tersebut lebih baik disiapkan jauh-jauh hari agar tidak kebingungan ketika dibutuhkan. 

  1. Jumlah dana

Kemudian perlu Anda pahami bahwa UMKM Mekar ini memberikan bantuan berupa dana untuk pelaku UMKM yang terdampak pandemi yang belum berakhir ini. Perlu diketahui juga bahwa dana yang diberikan untuk bantuan Koperasi Mekar jumlahnya sekitar 1,2 jutaan. Bantuan ini langsung ditransferkan tanpa pihak perantara melalui rekening yang terdaftar. Umumnya mereka bisa menggunakan bank BNI dan BRI agar proses pengirimannya lebih seragam. 

Fakta Menarik Terkait Koperasi Mekar

Selain itu dalam penggunaan UMKM Mekar ini Anda juga harus tahu beberapa fakta menarik seperti di bawah ini:

  1. Asuransi 

Dalam penggunaan pendanaan UMKM Mekar ini pengguna akan dilindungi dengan adanya asuransi. Asuransi yang disediakan adalah mengenai asuransi kredit yang menjamin segala bentuk transaksi yang terjadi. Sementara biaya untuk pembayaran asuransinya juga sangat terjangkau. 

  1. Pendanaan aman

Kemudian fakta kedua dari UMKM Mekar ini adalah mengenai pemberian pendanaan yang aman. Segala bentuk pencairan dana dari Koperasi Mekar PNM sudah pasti aman tanpa perlu takut terjadinya tindakan di luar perjanjian. 

  1. Pemberdaya perempuan

Selain fokus untuk membenahi UMKM, UMKM Mekar ini juga memberdayakan perempuan dengan cukup baik. Bagi pelaku usaha perempuan mikro akan mendapatkan keuntungan lebih baik ketika memakai bantuan yang satu ini. 

  1. Dana pinjaman UMKM seluruh negeri

Fakta keempat dari UMKM Mekar ini adalah seluruh bantuan ini bisa diakses oleh semua UMKM yang ada di pelosok negerti tanpa terkecuali. Silahkan ajukan saja bantuan yang dibutuhkan sesuai syarat dan ketentuan berlaku. 

Koperasi Mekar BUMN, Kenali Keuntungannya

UMKM Mekar ini juga memiliki beberapa keuntungan yang bisa didapatkan sebagai berikut:

  1. Bunga proporsional

Anda tentu tidak perlu takut menggunakan UMKM Mekar ini karena seluruh bunga yang dibebankan cukup proporsional. Sesuaikan juga dengan syarat yang harus dipenuhi untuk bisa merasakan pinjaman yang menjanjikan ini. Anda bisa membandingkan dengan bentuk pinjaman lain dan cek bunganya yang cukup bersaing. 

  1. Dampak sosial yang baik

Keuntungan kedua dari UMKM Mekar ini ternyata juga memberikan dampak sosial yang cukup baik. Dengan fokus pada UMKM yang berjalan sehingga segala bentuk kebutuhan masyarakat tetap berjalan dan tercukupi dengan baik. Cara pengajuan dari bantuan ini juga cukup praktis prakteknya. 

  1. Tanpa beban biaya tambahan

Perlu diketahui juga bahwa UMKM Mekar ini juga tidak membebankan biaya tanbahan di luar hutang yang diajukan. Hal ini tentu membuat cicilan yang harus dilakukan menjadi lebih ringan nantinya. 

Adanya UMKM Mekar ini tentunya cukup membantu permodalan UMKM tahun 2021 dengan beban yang cukup ringan. Bantuan ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membuat produksinya menjadi lebih baik.