BLT UMKM

BLT UMKM, Kenali Syarat dan Sistem Pencairannya

BLT UMKM adalah salah satu bantuan yang sedang gencar diberlakukan oleh pemerintah untuk masyarakat. UMKM menjadi sasaran karena merupakan salah satu hal yang berpengaruh terhadap perekonomian nasional. Sehingga untuk menaikkan produksi dan permodalannya maka dibutuhkan BLT UMKM BRI agar tertunjang dengan baik. Bantuan ini nantinya diharapkan lebih merata dan membantu UMKM agar tetap stabil keuangannya. 

BLT UMKM, Ketahui Syarat Kriteria Penerimanya

Agar tidak salah, Anda harus melihat beberapa kriteria yang menjadi syarat bagi penerima BLT UMKM sebagai berikut:

  1. Penerima dana sebelumnya

Perlu diketahui bahwa syarat pertama untuk bisa mendapatkan BLT UMKM ini adalah haruslah penerima dana sebelumnya. Sebelum adanya bantuan BLT UMKM online ini sudah ada jenis bantuan lainnya. Jika merasa sudah menerima bisa jadi Anda juga merupakan penerima dari bantuan yang satu ini. Namun jangan khawatir karena yang belum menerima juga punya kesempatan yang sama. 

  1. WNI

Kriteria berikutnya adalah pemerintah fokus untuk memperbaiki UMKM Indonesia sehingga syaratnya adalah harus WNI. Dalam BLT UMKM ini mengharuskan Anda melampirkan KTP resmi yang masih berlaku untuk pengecekan syarat yang satu ini. Jadi siapkan dokumennya dari sekarang agar lebih mudah nantinya. 

  1. Punya usaha

Ini adalah syarat mutlak yang tidak bisa dinego dalam penggunaan BLT UMKM ini. Hal ini dikarenakan bantuan dari cara mengecek BLT UMKM ini hanya boleh digunakan untuk peningkatan usahanya. Usaha yang bisa diajukan bentuknya mikro dengan segala bentuk sektor yang dipilih. Dana ini umumnya bisa digunakan untuk usaha dalam sektor apa saja asalkan sudah berjalan dengan baik. 

  1. Bukan aparatur dan pegawai negara

Kriteria keempat untuk penerima BLT UMKM ini adalah penerima bukanlah aparatur negara dan juga pegawai negara. Bantuan ini difokuskan untuk masyarakat umum yang memiliki usaha taraf mikro agar berkembang cukup baik. Pengkhususan ini juga berguna agar pemberian bantuannya menjadi lebih rata dan seimbang. 

Cara Mengecek Penerima UMKM, Pahami Pencairannya

Dalam prosesnya, BLT UMKM ini juga memiliki proses pencairan uang yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

  1. Dapatkan notifikasi

Langkah pertama yang harus dipahami untuk tahap pencairan dari BLT UMKM ini adalah harus mendapatkan notifikasi terlebih dahulu. Informasi ini akan diberikan oleh pihak pencairan sesuai dengan lembaga yang bersangkutan. Biasanya untuk cara mengecek penerima bantuan UMKM yang memberikan informasi adalah POS, Bank BUMD dan Bank BUMN. 

  1. Datang sesuai lembaga pemberi informasi

Langkah kedua dalam pencairan dana dari BLT UMKM ini adalah datang ke tempat lembaga yang memberikan notifikasi. Seperti contohnya jika yang memberikan adalah kantor pos maka bisa datang langsung ke kantor pos terkait. Dalam proses ini jangan lupa untuk membawa dokumen penunjang. Dalam proses pengecekan bantuan BLT UMKM ini membutuhkan KK, SKU dan KTP baik yang asli maupun salinannya. 

  1. Persetujuan

Kemudian Anda dan pihak lembaga terkait akan melakukan persetujuan mengenai BLT UMKM ini. Konfirmasikan dan tandatangani surat yang disediakan dari pihak yang berwenang untuk penerimaan uangnya. Jangan lupa untuk membaca dengan lengkap apa yang dibutuhkan dan harus ditaati selama mendapatkan bantuan terkait. Barulah bubuhkan tanda tangan di dalam perjanjiannya. 

  1. Verifikasi

Terkahir, dalam pencairan BLT UMKM ini akan ada proses verifikasi dan pengecekan data terkait pencairan dana tersebut. 

BLT UMKM Tahap 3 Mendatangkan Banyak Keuntungan 

  1. Pekerja baru

UMKM yang berjalan dengan baik akibat BLT UMKM ini nantinya membutuhkan tenaga kerja yang banyak. Sehingga merekrut banyak orang untuk menjadi pegawainya dan mengurangi pengangguran. BRI BLT UMKM ini berperan penting dalam hal ini. 

  1. Perputaran uang menjadi baik

Keuntungan kedua dalam BLT UMKM ini adalah membuat perputaran uang menjadi lebih sehat dan baik. Mengingat cara pengajuan dan syarat yang mudah sehingga banyak peluang UMKM yang mendapatkan bantuannya. 

  1. UMKM sukses

Keuntungan berikutnya dengan adanya BLT UMKM ini adalah UMKM menjadi lebih sukses dan besar nantinya. Inilah pentingnya untuk ekonomi nasional dan pemecah masalah sosial. 

BLT UMKM tahun 2021 memberikan bantuan menyasar pada UMKM yang berhak untuk menerima bantuannya. Jadi proses penggunaan dananya menjadi lebih maksimal.