Daya tahan tubuh memiliki peranan penting bagi Anda, yakni untuk menjaga Anda tetap sehat dan mencegah terjadinya infeksi. Mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, rutin berolahraga, mencukupi kebutuhan tidur, serta mengonsumsi suplemen rupanya dipercaya mampu meningkatkan daya tubuh untuk menghalau pilek dan infeksi yang mudah menular.

Meningkatkan daya tahan tubuh bisa dimulai dari hal-hal dasar. Dari pola makan hingga rutinitas harian yang kita lakukan. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Cara-cara ini bisa langsung kita coba dan terapkan dalam keseharian kita. Berikut uraiannya:

1. Perbanyak makan sayur dan buah
Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut, cenderung tidak mudah sakit.

2. Cukupi istirahat
Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Penting untuk mencukupi kebutuhan tidur sesuai dengan usia Anda. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.

3. Hindari stres
Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Anda perlu mengelola stres dengan baik untuk menghindari penurunan fungsi kekebalan tubuh.

4. Rutin berolahraga
Disarankan untuk rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

5. Hindari rokok dan alkohol
Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara untuk perokok yang juga pecandu alkohol, risiko untuk terkena infeksi paru akan semakin besar. Biasakan minum air putih.

6. Konsumsi Suplemen
Tingkatkan kekebalan dengan suplemen Selain menerapkan pola hidup sehat, konsumsi suplemen dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang tidak memenuhi kebutuhan zat gizi. Dilansir Kalbe, suplemen berbahan dasar minyak hati ikan hiu Somnocius Microcephalus berfungsi meningkatkan sistem daya tahan tubuh, mencegah berkembangnya virus atau bakteri, dan menjaga stamina serta membuang racun tubuh.

Tetap semangat jaga kesehatan, ya sobat Pustaka. Mari kita upayakan berbagai cara terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Yang tak kalah penting lagi adalah selalu upayakan cuci tangan dengan rutin setiap saat.