Bank Indonesia Corner (BIC) dan Pojok Baca dan Dongeng (PBD) merupakan bagian dari salah satu tema unggulan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), Indonesia Cerdas. Melalui program-program ini, BI berharap dapat memberikan kontribusi terhadap literasi, minat baca, akses masyarakat terhadap informasi dan pendidikan di Indonesia. Selain itu, program-program ini juga merupakan upaya BI untuk memperkuat pemahaman masyarakat tentang Bank Indonesia sebagai bank sentral dan peranannya dalam perekonomian.

BIC dan PBD sesungguhnya memiliki kedudukan yang setara dan satu tujuan. Bisa dibilang, PBD merupakan program BIC yang khusus diperuntukkan untuk anak-anak PAUD. Oleh karena itu, fasilitas dan koleksi yang diberikan pun menyesuaikan. BIC merupakan sebuah perpustakaan mini yang didesain menarik dan nyaman bagi penggunanya. BIC difasilitasi lengkap dengan koleksi literatur beragam, baik fisik maupun e-book dari dalam dan luar negeri. Koleksi BIC meliputi tema keekonomian, finansial, perbankan dan keuangan, buku umum seperti self-improvement, biografi dan fiksi. Pengimplementasian BIC menargetkan perguruan tinggi, sekolah-sekolah (SMA/sederajat), dan instansi umum (seperti perpustakaan umum, ponpes, rumah ibadah, museum hingga rumah sakit).

Implementasi BI Corner Solo

Tahun ini, melalui Kantor Perwakilannya (KPw) di Solo atas kerjasama dengan Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) sebagai mitra implementasi BI Corner di instansi-instansi di berbagai wilayah nusantara, BI membangun masing-masing 5 (lima) tambahan BIC dan PBD di wilayah KPw tersebut. Berikut adalah instansi-instansi pengimplementasian BIC tersebut:

Bank Indonesia Corner :

Pojok Baca dan Dongeng :

Diharapkan dengan pengimplementasian program-program ini, dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas literasi, minat baca serta pendidikan pada masyarakat melalui penggunaan yang melibatkan berbagai pihak dalam menunjang kebermanfaatan program.