Bank Indonesia Corner (BIC) dan Pojok Baca dan Dongeng (PBD)

Bank Indonesia Corner (BIC) diinisiasi oleh Bank Indonesia sejak tahun 2015 sebagai bagian dari salah satu tema unggulan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), Indonesia Cerdas. Program ini sebagai bentuk perhatian BI terhadap pendidikan, minat baca dan literasi di Indonesia. Secara khusus juga sekaligus untuk memperkuat pemahaman masyarakat tentang Bank Indonesia sebagai Bank sentral dan peranannya dalam perekonomian.

BI Corner merupakan sebuah perpustakaan mini yang didesain menarik dan nyaman bagi penggunanya. BIC difasilitasi lengkap dengan koleksi literatur beragam, baik fisik maupun e-book dari dalam dan luar negeri. Koleksi BI Corner meliputi tema keekonomian, finansial, perbankan dan keuangan, buku umum seperti self-improvement, biografi dan fiksi. Pengimplementasian BI Corner menargetkan perguruan tinggi, sekolah-sekolah (SMA/sederajat), dan instansi umum (seperti perpustakaan umum, instansi pemerintah, ponpes, lembaga pemasyarakatan, rumah ibadah, museum hingga rumah sakit). BI memiliki satu program serupa, setara BI Corner yaitu Pojok Baca dan Dongeng (PBD). PBD diperuntukkan khusus bagi anak-anak (TK/PAUD). Oleh karena itu, koleksi dan fasilitas yang diberikan pun menyesuaikan.

BI Corner dengan berbagai program aktivasinya disediakan sebagai sarana pembelajaran dan pusat penelitian bagi mahasiswa/pelajar dan masyarakat umum sebagai bentuk dukungan nyata Bank Indonesia dalam peningkatan kualitas pendidikan masyarakat. Program aktivasi merupakan kegiatan yang dilakukan BI untuk menjaga keberlangsungan program BI Corner . Program ini dapat meliputi seminar, sosialisasi, resensi buku, speech contest, berbagai lomba dan kegiatan lainnya.

BIC Awards dan PBD Awards

Dalam rangka meningkatkan ownership/rasa memiliki dari instansi terkait serta sebagai bentuk komitmen BI terhadap keberlangsungan manfaat BI Corner, BI melaksanakan BI Corner Awards setiap tahunnya. Hal ini juga sebagai bentuk apresiasi, engagement hubungan BI dengan para penerima serta upaya mencapai keberlanjutan dari kebermanfaatan BI Corner. Pada tahun ini BI Corner Awards akan ada 4 Kategori Nominasi, yaitu :

  1. Kategori Perpustakaan Umum
  2. Kategori Perpustakaan Perguruan Tinggi
  3. Kategori Perpustakaan SMA sederajat
  4. Pojok Baca dan Dongeng PAUD

Rangkaian acara BI Corner Awards ini dimulai dari tanggal 1 Oktober 2019 diawali dengan sosialisasi dan pengisian form self assessment terhadap berbagai poin penilaian BI Corner masing-masing instansi. Kemudian, rangkaian dilanjutkan dengan pengembalian form dan berkas, pemeriksaan berkas dan penentuan calon nominator. Calon nominator dipilih 10 besar dari masing-masing kategori. Dari 10 Besar masing-masing kategori, akan di pilih 3 Besar dari masing-masing kategori untuk dilakukan visitasi ke instansi terkait untuk cross-check, konfirmasi, memastikan langsung kebenaran data yang diberikan dan mewawancarai pihak terkait. Data ini akan digunakan sebagai penilaian juri untuk menentukan pemenang dari masing-masing kategori. Seremonial penganugerahan BI awards merupakan rangkaian terakhir dari kegiatan BIC awards.

Rincian Rangkaian BIC & PBD Awards

Peserta akan diberikan form self assessment melaui Google Form terkait pengelolaan BIC masing-masing di awal. Komponen penilaian meliputi :

  • BI Corner sebagai saluran komunikasi Bank Indonesia terhadap masyarakat.
  • Pengelolaan lembaga terhadap BI Corner.
  • Pengelolaan aktivitas program di BI Corner, termasuk penilaian rencana tahunan, kerjasama dengan pihak lain pemanfaatan BI Corner dan publikasi.
  • Pengelolaan koleksi buku di BI Corner.
  • Pengelolaan sarana fisik BI Corner.
  • Pengelolaan pengunjung di BI Corner. Meliputi penilaian mengenai jam layanan, petugas pengelola BIC, dan ada atau tidaknya komunitas yang rutin memanfaatkan BIC.
  • Dampak bagi lembaga dengan adanya BI Corner.

Form Peserta dapat mengisi di:
Untuk Penerima BI Corner silahkan isi form disini
Untuk Penerima Pojok Baca dan Dongeng silahkan isi form disini

Berkas pendukung dikirimkan pada e-mail bicawards2019@gmail.com untuk tingkat Perguruan Tinggi, SMA/sederajat dan pbdawards2019@gmail.com untuk tingkat PAUD. Untuk berkas hard copy dikirimkan ke panitia penyelenggara BIC Awards 2019 ke alamat:

Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI)
Jl. Kayu Putih VC No. 54, Jakarta Timur, 13210.
08111990495
Up: Yasin

Infografik Alur Kegiatan BIC & PBD Awards

Pemenang BIC Awards akan mendapatkan hadiah berupa dana pengembangan BIC sebagai berikut:

Kegiatan BIC Awards ini dikelola dan atas kerjasama:
1) Divisi PSBI dan hubungan Stakeholders – Departemen Komunikasi Bank Indonesia,
2) Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) sebagai mitra implementasi BI yang melakukan pembangunan BI Corner untuk Perguruan Tinggi, Perpustakaan Daerah/Umum dan SMA/sederajat,
3) Asosiasi Pekerja Profesional Informasi Sekolah Indonesia (APISI) sebagai mitra implementasi BI yang melakukan pembangunan BI Corner untuk SMA/sederajat.

Penilaian dalam kompetisi ini akan diberikan oleh dewan juri dengan susunan sebagai berikut:
1) Perwakilan divisi PSBI dan Hubungan Stakeholders BI,
2) Organisasi Profesi Kepustakawanan yang diwakili oleh Asosiasi Pekerja Profesional Informasi Sekolah Indonesia (APISI) sebagai mitra implementasi BI Corner di Kantor Pusat,
3) Organisasi praktisi dan konsultan keperpustakaan yang diwakili oleh Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) sebagai mitra implementasi BI Corner di Kantor Pusat.

Penyelenggaraan BIC Awards ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada pengelola BIC Awards agar senantiasa memelihara, mengelola dan mengembangkan BI Corner menjadi lebih baik serta dapat mencapai tujuan berkelanjutan BI untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi masyarakat serta pemahaman masyarakat mengenai kebanksentralan dapat tercapai secara optimal.

Call center BI Corner Award 2019 di sini