Sebagai organisasi nirlaba yang bergerak di bidang literasi dan pengembangan perpustakaan di Indonesia, Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) memiliki salah satu program yang telah lama berlangsung untuk dunia literasi. Di Indonesia, sebenarnya banyak pihak-pihak yang memiliki concern dalam dunia literasi, namun keterbatasan wadah dan akses terhadap sumber informasi menjadi kendala. Melalui pengalaman yang kami hadapi di berbagai daerah, ternyata dapat disimpulkan bahwa minat-minat baca anak-anak di Indonesia tidaklah rendah. Namun akses terhadap informasi tersebutlah yang kurang mendukung.

YPPI memberikan solusi dengan memberdayakan program donasi/distribusi buku bagi yang membutuhkan. Masyarakat yang ingin mendonasikan buku untuk dapat dimanfaatkan bagi perkembangan literasi dapat menyalurkan koleksinya ke kantor YPPI di Jl. Kayu Putih VC No. 54, Pulogadung, Jakarta Timur. Buku-buku ini akan disortir dan dikelola agar dapat didistribusikan bagi pihak yang meminta buku sebagai koleksi/sumber informasi dan pengetahuan bagi perpustakaan, taman baca, pojok baca, dan komunitas literasi.

Cara donasi Buku ke YPPI

Bagi sobat literasi yang ingin mendonasikan buku ke YPPI dapat mendatangi secara langsung kantor YPPI atau mengirimkannya melalui ekspedisi. Sobat bisa datang pada hari kerja pukul 10.00 hingga 11.00 dan pukul 14.00-16.00. Kami memiliki berbagai jenis koleksi yang datang dari donasi sobat literasi seperti karya fiksi, self-improvement, biografi, buku fenomena sosial, politik, agama, ekonomi dan keuangan, komik, buku anak, kesehatan hingga buku materi sekolah atau kuliah. Sobat literasi dapat mengirim buku-buku yang sekiranya dapat dimanfaatkan kembali sehingga kebermanfaatan buku tersebut berlangsung dan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan literasi di Indonesia.

Cara memperoleh buku dari YPPI

Sobat literasi yang ingin memperoleh buku-buku dari YPPI dapat mendatangi kantor YPPI untuk menjemput koleksi yang diinginkan. Namun, sobat perlu memenuhi beberapa persyaratan berikut:

  • Pihak yang ingin memperoleh buku merupakan perpustakaan desa, perpustakaan komunitas, taman baca masyarakat, komunitas literasi atau semacamnya.
  • Organisasi sudah berdiri minimal 1 tahun.
  • Mengirimkan profil kelembagaan serta tujuan pemanfaatan buku yang akan diminta.
  • Pihak yang ingin memperoleh buku mendatangi kantor YPPI, dapat memilih buku-buku yang diinginkan dan telah menyediakan atau merencanakan prosedur pengangkutan buku-buku ke tempat masing-masing. YPPI tidak menyediakan layanan pengiriman buku-buku kepada sobat literasi yang ingin memperoleh buku-buku tersebut.
  • Bagi sobat literasi yang datang ke kantor YPPI untuk memperoleh buku-buku tersebut, harap membawa stempel organisasi untuk keperluan administrasi kami.
  • Melakukan konfirmasi ke 081331338000 atau langsung ke hallo YPPI untuk memastikan ketersedian buku.
Pihak YPPI dan teman-teman dari @teras_koesam yang membantu untuk pendistribusian buku-buku untuk yang membutuhkan

Dengan program ini, kami berharap dapat memberikan manfaat yang positif kepada sobat literasi dimanapun berada dan dalam pengembangan literasi di Indonesia. Semoga buku-buku yang didistribusikan dapat bermanfaat bagi organisasi masing-masing dan penggunanya. Salam literasi!