Berdasarkan perjalanan kecil untuk menjaga cita-cita anak bangsa dan untuk membuka harapan baru bagi mereka, Moneygram Foundation bekerjasama dengan Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) menyediakan Mobil Pustaka Pintar Moneygram di wilayah Tulungagung, Jawa Timur. Mobil ini berkeliling di berbagai daerah di Tulungagung sebagai sebuah perpustakaan keliling.

Literasi merupakan hal yang penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak dalam menghadapi kompetisi global nantinya. Kemampuan memilih, memanfaatkan dan menyebarkan informasi secara etis perlu diperkenalkan sejak dini. Tidak adanya perpustakaan lokal di area terpencil di Tulungagung membuat akses terhadap informasi oleh anak-anak menjadi lebih sulit.

Namun, keberadaan Mobil Pustaka Pintar ini disambut dengan sangat baik oleh anak-anak dan pihak sekolah di kawasan tersebut. Mereka dengan antusias menunggu mobil dan ingin segera melihat koleksi perpustakaan. Pihak masyarakat dan sekolah merasa terbantu dengan adanya mobil perpustakaan ini dan melihat dampak yang signifikan kepada siswa. “Murid-murid sangat antusias membaca buku bacaan dan ada yang berkali-kali pinjam, habis dibaca pinjam, habis dibaca pinjam lagi, itu keliatan sangat antusias.” ujar Pujito, Kepala Sekolah SDN 4 Tanggunggunung.

Pada awalnya koleksi buku berjumlah 1000 buku yang kemudian bertambah menjadi 5000 buku untuk dapat dimanfaatkan. Perpustakaan ini memiliki setidaknya 3170 orang (2295 pelajar dan 875 umum) dari tiga kecamatan. Selain itu, berbagai kegiatan juga digalakkan untuk masyarakat sebagai bagian dari program. Program-program ini antara lain kegiatan kerajinan, reading aloud, seminar, belajar bahasa inggris, belajar komputer, dan games.

Video singkat mengenai program ini dapat dilihat di akun official Youtube kami (YPPI – Pustaka Indonesia)

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap informasi, literasi masyarakat, minat baca, pengetahuan serta pengembangan karakter anak. Semoga kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik, berguna bagi masyarakat dan dapat dilaksanakan secara keberlanjutan. Selain itu, dengan adanya kerjasama dan concern dari berbagai pihak, semoga terdapat program-program lain yang dapat dimanfaatkan dan memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat. Salam literasi!