BI Corner dan Pojok Baca dan Dongeng (PBD)

Salah satu BI Corner di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat

Bank Indonesia Corner (BIC) dan Pojok Baca dan Dongeng (PBD) merupakan bagian dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dengan salah satu tema utamanya, Indonesia Cerdas. Program-program hadir ini sebagai bentuk perhatian BI terhadap bidang pendidikan di Indonesia, minat baca masyarakat, sekaligus untuk memberikan pemahaman lebih baik terhadap masyarakat terkait ekonomi dan keuangan, lebih khusus terkait peran BI sebagai bank sentral di Indonesia terhadap perekonomian bangsa, serta tugas dan fungsinya.

Target BI Corner diimplementasikan pada instansi umum (seperti rumah sakit, museum dan rumah ibadah), perguruan tinggi, dan sekolah-sekolah (SMA/SMK). Pojok Baca dan Dongeng (PBD) merupakan program setara dengan BI Corner namun dikhususkan untuk anak-anak (TK/PAUD) sehingga fasilitas serta koleksi buku yang diberikan pun menyesuaikan.

Salah satu Pojok Baca dan Dongeng (PBD) di PAUD Anggrek Tulakadi, Atambua, Nusa Tenggara Timur

BI Corner dibangun sebagai sebuah perpustakaan mini yang didesain dengan menarik dan nyaman serta menyediakan akses informasi dan literatur berkualitas (khususnya ekonomi dan keuangan, namun tidak hanya terbatas pada jenis ini) berbentuk cetak maupun e-book dari dalam dan luar negeri. Program Pojok Baca dan Dongeng (PBD) lahir sebagai bentuk perhatian atas pembentukan kemampuan literasi dan karakter kepada anak-anak sejak dini melalui kerjasama dengan pihak instansi dan orang tua serta menyediakan sarana pengenalan edukasi keuangan/ekonomi sejak dini. Secara bertahap sejak diinisiasi tahun 2015, BI merencanakan 1000 unit BI Corner telah dibangun di berbagai wilayah nusantara pada 2020.

BI bekerjasama dengan Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) sebagai mitra implementasi BI Corner dan PBD di berbagai intansi dan wilayah di Indonesia. YPPI bekerjasama dengan BI Pusat dan Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) BI di berbagai wilayah di Indonesia dalam pengimplementasiannya. Pengimplementasian ini juga dilakukan di wilayah-wilayah yang termasuk 3T.

Fasilitas penunjang

Setiap BI Corner memiliki fasilitas fisik berupa rak buku beserta koleksinya, multimedia desk, nameboard, logo, dua buah sofa baca, kursi komputer, standing lamp, komputer, TV, LED, karpet, pot plant, frame TV dan tanaman hias. Koleksi pada rak BI Corner meliputi buku bertema ekonomi dan keuangan, self-improvement, buku umum serta karya fiksi berjumlah 350 eksemplar. Pojok Baca dan Dongeng (PBD) memiliki fasilitas fisik wallpaper, rak buku, meja, karpet puzzle, boneka dan buku-buku dongeng anak.

Terkait pengajuan BI Corner/PBD

Instansi yang ingin mengajukan pengimplementasian BI Corner ataupun PBD perlu memiliki beberapa persyaratan yang terpenuhi dan mengikuti proses yang ditetapkan. Instansi yang ingin mengajukan BI Corner maupun PBD dan mendapatkan informasi terkait dapat mendatangi Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) Bank Indonesia terdekat di kota atau wilayahnya. Sebelumnya, terdapat berbagai panggilan ke kantor YPPI bertanya mengenai pengajuan BI Corner untuk instansi masing-masing, namun YPPI hanya sebagai mitra BI untuk pengimplemetasian BI Corner di instansi-instansi di berbagai daerah di Indonesia. Terkait teknis dan detil-detil lebih lanjut adalah kewenangan dari Kantor Perwakilan Wilayah BI masing-masing.

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa BI berencana membangun 1000 unit BI Corner hingga 2020. Namun, ekspektasi tersebut terealisasi lebih cepat dari yang direncanakan. Di penghujung tahun 2019 ini, target 1000 BI Corner ini telah tercapai. Hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat pengguna di berbagai wilayah. Untuk penambahan unit BI Corner maupun PBD selanjutnya di instansi-instansi, semua tergantung pada Kantor Perwakilan Wilayah BI di masing-masih wilayah. Apabila anda memiliki pertanyaan atau mencari informasi terkait pengimplementasian BI Corner dan PBD di instansi anda, anda dapat langsung mengontak atau mengunjungi Kantor Perwakilan Wilayah BI masing-masing.

Persyaratan awal BI Corner

Sebagai gambaran singkat mengenai persyaratan awal pengajuan BI Corner, instansi pemohon biasanya akan diminta mengirimkan profil singkat instansi/perpustakaan instansi serta foto ruang sudut (min. 3×4 meter) yang akan dijadikan tempat calon berdirinya BI Corner serta foto dari jauh untuk melihat bagian dari keseluruhan gedung/ruangan di sekitarnya (tampak samping dan tampak depan).

Persyaratan awal Pojok Baca dan Dongeng (PBD)

Gambaran persyaratan untuk PAUD/TK penerima hibah Pojok Baca dan Dongeng biasanya meliputi :

  • Memiliki ijin dari DIRJEN PAUDNI
  • Memiliki ruang dengan dinding letter L yang utuh, tidak ada jendela dan ventilasi untuk branding
  • Memiliki anak minimal 30
  • Memiliki komitmen untuk merawat, dan mengembangkan program
  • Sudah berdiri minimal 3 tahun
  • Memenuhi persyaratan administrasi yaitu form 1 dan form 3 yang telah disiapkan.

Diharapkan dengan pengimplementasian program-program ini, dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas literasi, minat baca serta pendidikan pada masyarakat melalui penggunaan yang melibatkan berbagai pihak dalam menunjang kebermanfaatan program.