Bank Indonesia (BI) Corner dan Pojok Baca dan Dongeng (PBD) merupakan bagian dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dengan salah satu tema utamanya ‘Indonesia Cerdas’. Program-program ini merupakan bentuk perhatian dan kontribusi BI terhadap bidang pendidikan di Indonesia, khususnya untuk memberikan pengetahuan lebih baik/sosialisasi tentang Bank Indonesia sebagai bank sentral serta tugas dan peranannya dalam perekonomian negeri, topik ekonomi dan keuangan secara umum, meningkatkan kualitas literasi masyarakat serta semakin menumbuhkan minat baca masyarakat.

BI Corner di STIE 66 Kendari

BI Corner berbentuk sebuah perpustakaan mini yang didesain menarik dan nyaman, lengkap dengan koleksi literatur yang beragam dalam bentuk tercetak maupun e-book dari dalam dan luar negeri yang bisa dimanfaatkan pengguna. BI Corner menarget perpustakaan umum, perguruan tinggi, sekolah-sekolah (SMA/SMK), dan instansi umum lainnya, sedangkan Pojok Baca dan Dongeng (PBD) merupakan program serupa BI Corner namun secara khusus diperuntukkan bagi anak-anak (TK/PAUD).

BI telah menginisiasi program-program ini sejak 2015 dan bekerjasama dengan Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) sebagai mitra implementasi BI Corner dan PBD di berbagai daerah di Indonesia.

Tahun ini, BI melalui kantor perwakilannya (KPw) di Sulawesi Tenggara, menambah pengimplementasian BI Corner sebanyak 3 (tiga) unit dan Pojok Baca dan Dongeng (PBD) sebanyak 2 (unit), terinci sebagai berikut:

BI Corner:

  • SMAN 6 Kendari
  • STIE 66 Kendari
  • Universitas Muhammadiyah Buton

Pojok Baca dan Dongeng (PBD):

  • TK Tunas Makarti
  • PAUD Sultan Qaimuddin
Pojok Baca dan Dongeng TK Tunas Makarti Kota Kendari

Secara bertahap, pembangunan BI Corner direncanakan mencapai 1000 unit di berbagai tempat di Indonesia. Setiap BI Corner memiliki fasilitas fisik berupa rak buku beserta koleksinya, multimedia desk, nameboard, logo, dua buah sofa baca, kursi komputer, standing lamp, komputer, TV, LED, karpet, pot plant, frame TV dan tanaman hias. Koleksi yang terdapat pada rak BI Corner meliputi buku bertema ekonomi dan keuangan, self-improvement, buku-buku umum serta karya-karya fiksi dengan jumlah 350 eksemplar. Pojok Baca dan Dongeng (PBD) memiliki fasilitas fisik wallpaper, rak buku, meja, karpet puzzle, boneka dan buku-buku dongeng anak. Diharapkan dengan pengimplementasian program-program ini, dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas literasi, minat baca serta pendidikan pada masyarakat melalui penggunaan yang melibatkan berbagai pihak dalam menunjang kebermanfaatan program.