Sebagai bentuk perhatian dan kontribusi Bank Indonesia (BI) dalam bidang pendidikan, sejak tahun 2015 BI menginisiasi program BI Corner dan Pojok Baca dan Dongeng (PBD) di berbagai daerah di Indonesia melalui kantor-kantor perwakilannya. Program-program ini merupakan bagian dari Program Sosial Bank Indonesia (PBSI) dengan salah satu tema utamanya, ‘Indonesia Cerdas’. Targetnya, pada 2020, terdapat 1000 BI Corner di seluruh Indonesia.

BI Corner di Dinas Perpustakaan dan Arsip Karangasem, Bali

Dalam mengimplementasikan pembangunan BI Corner dan PBD, BI bekerjasama sejak 2015 dengan Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) yang berlokasi di kawasan Kayu Putih, Jakarta Timur, sebuah organisasi nirlaba yang concern pada bidang literasi dan perpustakaan di Indonesia. BI Corner berbentuk sebuah perpustakaan mini yang dapat dimanfaatkan masyarakat yang didesain dengan menarik dan nyaman serta menyediakan akses informasi dan literatur berkualitas (khususnya ekonomi dan keuangan, namun tidak hanya terbatas pada jenis ini) berbentuk cetak maupun e-book dari dalam dan luar negeri. BI Corner diimplementasikan di tingkat perguruan tinggi, sekolah-sekolah (SMP & SMA), perpustakaan umum dan instansi lainnya sebagai upaya memperkuat pemahaman masyarakat tentang keberadaan dan peran BI sekaligus mendorong kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas literasi dan pendidikan, sedangkan PBD merupakan program serupa BI Corner yang khusus diperuntukan bagi anak-anak (TK/PAUD).

BI melalui kantor perwakilannya di Bali, pada 2019 telah membangun 5 (lima) BI Corner di sekolah, universitas serta Dinas Perpustakaan dan Arsip daerah dan 5 (lima) Pojok Baca dan Dongeng di TK-TK, terinci sebagai berikut:

BI Corner :

  • Universitas Udayana
  • DISPUSIP Kab. Karangasem
  • DISPUSIP Kota Denpasar
  • SMAN 1 Singaraja
  • SMKN Bali Mandara

Pojok Baca dan Dongeng :

  • TK Lab Undiksha
  • TK Santa Maria
  • TK Wipara
  • TK Dharma Wiweka
  • TK Imanuel
Pojok Baca dan Dongeng TK Lab Undiksha, Bali

Setiap BI Corner memiliki fasilitas fisik berupa rak buku beserta koleksinya, multimedia desk, nameboard, logo, dua buah sofa baca, kursi komputer, standing lamp, komputer, TV, LED, karpet, pot plant, frame TV dan tanaman hias, sedangkan Pojok Baca dan Dongeng memiliki fasilitas fisik wallpaper, rak buku, meja, karpet puzzle, boneka dan buku-buku dongeng anak. Diharapkan dengan pendirian dan implementasi program-program ini dari berbagai pihak, program-program ini dapat memberikan kontribusi terhadap bidang pendidikan di Indonesia, pemahaman masyarakat mengenai ekonomi, keuangan dan Bank Indonesia sebagai bank sentral, upaya mendekatkan masyarakat dengan sumber-sumber informasi, serta peningkatan taraf minat baca dan literasi masyarakat di Indonesia.