Bank Indonesia (BI) Corner dan Pojok Baca dan Dongeng (PBD) merupakan bagian dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) sebagai bagian dari tema unggulannya yaitu Indonesia Cerdas. BI Corner dibangun sebagai sebuah perpustakaan mini yang didesain dengan menarik dan nyaman serta menyediakan akses informasi dan literatur berkualitas (khususnya ekonomi dan keuangan, namun tidak hanya terbatas pada jenis ini) berbentuk cetak maupun e-book dari dalam dan luar negeri. BI Corner diimplementasikan di tingkat perguruan tinggi, sekolah-sekolah (SMP & SMA), perpustakaan umum dan instansi lainnya sebagai upaya memperkuat pemahaman masyarakat tentang keberadaan dan peran BI sekaligus mendorong kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas literasi dan pendidikan.

Salah satu sudut BI Corner sebagai Program Sosial Bank Indonesia (PSBI)

Program Pojok Baca dan Dongeng (PBD) lahir sebagai bentuk perhatian atas pembentukan kemampuan literasi dan karakter kepada anak-anak sejak dini melalui kerjasama dengan pihak instansi dan orang tua serta menyediakan sarana pengenalan edukasi keuangan/ekonomi sejak dini. PBD adalah program BI Corner yang khusus ditujukan untuk kalangan anak-anak TK/PAUD.

Program PBD telah dilaksanakan dari tahun 2014 oleh Departemen Komunikasi (DKom) sejumlah 49 PBD di wilayah DKI Jakarta. Pada tahun berikutnya, PBD mulai diimplementasikan pada 51 kota di 34 Provinsi serta pembangunan BI Corner termasuk pembangunan di wilayah terluar Indonesia seperti Nunukan, Sebatik, Atambua, Merauke dan Sabang sebagai bentuk kepedulian terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan menumbuhkan minat baca anak-anak di wilayah tersebut.

Implementasi BI Corner di Nusa Tenggara timur

Pada tahun ini, BI melalui Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) BI Nusa Tenggara Timur bekerjasama dengan Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) sebagai mitra implementasi program BI Corner dan PBD telah berhasil mengimplementasikan pendirian 3 (tiga) unit BI Corner dan 2 (dua) Pojok Ruang Baca dan Dongeng (PBD) yang terinci sebagai berikut:

BI Corner:

  • STIKIP Muhammadiyah Kalabahi, Alor
  • SMAK Seminari St. Yohanes Paulus II, Labuan Bajo
  • SMPN Silawan, Atambua
BI Corner di SMAK Seminari St. Yohanes Paulus II, Labuan Bajo

Pojok Baca dan Dongeng :

  • PAUD Yayasan Obor Timor, Kupang
  • PAUD Anggrek Tulakadi, Atambua
Pojok Baca dan Dongeng (PBD) di PAUD Anggrek Tulakadi, Atambua

Fasilitas yang disediakan pada BI Corner antara lain satu unit televisi, rak buku, karpet, sofa, meja komputer, satu unit komputer yang dapat diakses berisi e-book serta jurnal-jurnal terutama bidang ekonomi, sosial humaniora, serta ratusan judul buku umum. Buku-buku tercetak yang disediakan pada rak BI Corner juga meliputi buku-buku self-motivation/self-development dan buku-buku fiksi.

Dengan adanya implementasi program-program ini, diharapkan BI dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kemampuan literasi dan sektor pendidikan khususnya dalam bidang ekonomi/keuangan kepada masyarakat termasuk pada wilayah terluar nusantara.