Bank Indonesia (BI) melalui Program Sosial Bank Indonesia (PBSI) secara rutin setiap tahun menginisiasi pembentukan BI Corner untuk sekolah-sekolah, perpustakaan umum dan perguruan tinggi dan Pojok Baca dan Dongeng untuk TK dan PAUD. Program BI Corner digalakkan pertama kali pada tahun 2015 sebagai bagian dari tema unggulan PBSI yaitu Indonesia Cerdas. Melalui program-program ini, diharapkan BI dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan pendidikan Indonesia dan literasi siswa sedari dini dan masyarakat secara umum, khususnya terkait sosialisasi peran dan fungsi BI sebagai bank sentral serta perkembangan perekonomian dan kaitannya dengan perkembangan jaman.

Sekitar 4 (empat) tahun setelahnya, BI melalui Kantor Perwakilan Wilayah Banten bekerjasama dengan Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) yang berlokasi di daerah Kayu Putih, Jakarta Timur, sebagai mitra implementasi program BI Corner dan Pojok Ruang Baca dan Dongeng telah berhasil mengimplementasikan pendirian sejumlah BI Corner dan Pojok Baca dan Dongeng di wilayah Banten.

Implementasi BI Corner di wilayah Banten

BI Corner UNBAJA

Pada tahun 2019 ini, program BI Corner di Banten telah berhasil diimplementasikan pada 3 (tiga) lokasi berbeda yaitu:

BI Corner sendiri merupakan sebuah pojok literasi yang dapat dimanfaatkan siswa atau masyarakat umum sebagai bentuk sosialisasi dan sumber pengetahuan ataupun untuk tujuan rekreasi. BI Corner memiliki fasilitas satu unit televisi, rak buku, karpet, sofa, meja komputer, satu unit komputer yang dapat diakses berisi e-book serta jurnal-jurnal terutama bidang ekonomi, sosial humaniora, serta ratusan judul buku umum. Buku-buku tercetak yang disediakan pada rak BI Corner juga meliputi buku-buku self-motivation/self-development dan buku-buku fiksi.

Pojok Baca dan Dongeng PAUD sebagai media literasi keungan kepada anak anak

Pendirian Pojok Baca dan Dongeng yang ditujukan pada anak-anak TK/PAUD digalakkan untuk memperkenalkan dan menanam kemampuan literasi yang baik pada anak-anak sejak dini melalui integrasi dengan kurikulum insitusi TK/PAUD dan kerjasama dengan pihak orang tua dan anak. Pendirian Pojok Baca dan Dongeng di Banten telah berhasil diimplementasikan pada 3 (tiga) lokasi berbeda pada tahun ini:

Diharapkan dengan pelaksanaan program-program ini, dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan dan familiarisasi kemampuan literasi kepada masyarakat sebagai bekal untuk masyarakat masa ini dan masa depan.