BI Corner harus dikembangkan dengan berbagai aktivasi. Pengembangan ini dilakukan dengan berbasis kerelawanan, sehingga manfaat BI Corner dapat dirasakan oleh seluruh penggunanya atau masyarakat secara umum. Talkshow dengan tema BI Corner Berbasis Kerelawanan dan Kebanksentralan, sekaligus peresmian 66 BI Corner se-Jabodetabek dilakukan secara bersama-sama di Museum Bank Indonesia pada tanggal 17 Desember 2018. Masing-masing lembaga mengirimkan dua perwakilan yakni kepala sekolah atau kepala lembaga dan pengelola BI Corner.

Mewakili Bank Indonesia dalam peresmian kali ini Bapak Hendra Nazaldi Asisten Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia. Dalam sambutannya beliau berharap agar kegiatan aktivasi di masing-masing BI Corner dapat terus dilakukan. “Hal ini perlu dilakukan untuk mengembangkan fungsi BI Corner sebagai touch point yang dapat menyampaikan informasi mengenai fungsi dan tugas Bank Indonesia serta perkembangan dunia moneter Indonesia” imbuhnya.

Untuk lebih mengenalkan tugas dan fungsi Bank Indonesia sebagai bank sentral, materi kebanksentralan disampaikan oleh Bapak Usep Sukarya Kadiv Perpustakaan dan Public Exposure Bank Indonesia Institute. Dilanjutkan materi kedua tentang kerelawanan yang disampaikan oleh pemenang BI Corner Awards 2018 tingkat SMA, yakni Bapak I Nyoman Darta Kepala Sekolah SMA Bali Mandara. Banyak cerita inspiratif yang dibawa oleh SMA Bali Mandara, tentang bagaimana melibatkan siswa dalam pengelolaan BI Corner. Talkshow berjalan dengan baik oleh moderator Maria Harfanti, Miss Indonesia 2015.

Dengan kegiatan ini diharapkan penerima BI Corner memahami dan melakukan kegiatan secara mandiri dan berkelanjutan. Talkshow BI Corner ini akan mempererat dan menguatkan komunitas BI Corner dan sebagai pembekalan atau capacity building bagi penerima BI Corner, sehingga terbentuk kekuatan yang akan membawa perubahan atas pengembangan BI Corner.

Tidak sampai disitu, setelah acara talkshow selesai, peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan tour museum Bank Indonesia, agar peserta lebih tahu tentang sejarah berdirinya, mulai dari De Javasche Bank menjadi Bank Indonesia, serta memberikan pemahaman tentang peran Bank Indonesia dalam sejarah perjalanan bangsa, termasuk memberikan pemahaman tentang latar belakang dan dampak dari kebijakan-kebijakan Bank Indonesia yang diambil dari waktu ke waktu.