BANK INDONESIA CORNER AWARD TAHUN 2018.

Program Bl Corner telah diinisiasi oleh Bank Indonesia sejak tahun 2015 sebagai bagian dari tema unggulan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yaitu Indonesia Cerdas. Program Bl Corner merupakan pembangunan sarana perpustakaan mini yang disesain menarik dan nyaman serta menyediakan akses informasi dan literatur berkualitas dalam bentuk cetak maupun e-book dari dalam dan luar negeri. Bl Corner diimplementasikan di tingkat universitas, instansi pendidikan, Perpustakaan Daerah dan instansi lainnya sebagai upaya memperkuat pemahaman masyarakat tentang keberadaan dan peran Bl sekaligus mendorong kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan.

Bl Corner di level pendidikan usia dini diwujudkan dalam bentuk Pojok Baca Dongeng PAUD (PBD) berupa penyediaan sarana perpustakaan mini. Tujuan khusus pembangunan PBD adalah untuk meningkatkan minat baca anak-anak serta sebagai upaya untuk menyediakan sarana pengenalan edukasi keuangan sejak dini.

Pelaksanaan Program Pojok Baca dan Dongeng PAUD telah dimulai oleh Departemen Komunikasi (DKom) di tahun 2014 dengan membangun 49 Pojok Baca dan Dongeng di wilayah DKI Jakarta. Pada tahun 2015, DKom melanjutkan program tersebut dengan membangun 134 Pojok Baca dan Dongeng di 51 kota di 34 Provinsi termasuk di dalamnya pembangunan PBD di pulau terluar Indonesia yaitu Nunukan, Sebatik, Atambua, Merauke dan Sabang sebagai bentuk kepedulian Bl terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan meningkatkan minat baca anak-anak di perbatasan. Aktivasi PBD telah dilaksanakan oleh masing-masing PAUD penerima PBD antara lain dalam bentuk kegiatan mendongeng rutin, kegiatan pengenalan edukasi keuangan anak sejak dini serta kegiatan kreatif lainnya. lmplementasi PBD ini dilakukan melalui program kemitraan bersama dengan Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) pada tahun 2014-2016 dan Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI) pada tahun 2017.

Dalam rangka meningkatkan ownership program dari lembaga penerima PBD serta mengembangkan aktivitas PBD, kami melaksanakan Kompetisi PBD dalam kerangka Bl Corner Award sebagai sarana untuk memberikan apresiasi bagi pengelola PBD terbaik, menyebarkan motivasi bagi seluruh pengelola PBD di Indonesia, serta sebagai sarana membangun engagement yang kuat antara Bank Indonesia dengan lembaga penerima manfaat. Diharapkan kegiatan kompetisi akan memberikan stimulan yang mampu menggerakkan lembaga penerima program untuk senantiasa mengembangkan BI Corner di instansi masing-masing sehingga sustainability program dapat terjaga.

Adapun jadwal rangkaian BI Corner Award adalah sebagai berikut :

  1. Sosialisasi dan pengisian Form Lomba :7 Juni – 1 Juli 2018
  2. Pengembalian Form Lomba : 2 – 26 Juli 2018
  3. Seleksi Tahap I : 27 – 12 Juli 2018
  4. Visitasi Dewan Juri (Final) :  Agustus – September 2018
  5. Penganugerahan Award : Akhir September 2018

Peserta Bl Corner Award Kategori PBD terdiri dari seluruh PBD yang telah diinisiasi oleh Bank Indonesia sejak tahun 2014-2017 di seluruh Indonesia sejumlah 183 PBD. Dalam kompetisi PBD ini, peserta akan memperebutkan juara I, II, III diambil dari 2 PBD terbaik dari tiap regional (6 finalis).

Tahapan Program BI Corner Award Kategori 1

 

 

 

 

 

 

Pedaftaran dilakukan dengan mengisi formulir melalui google form http://bit.ly/PBDAward2018  . info lebih lengkap dapat menghubungi

  1. Kategori Bl  Corner :  Riau  (YPPI),  HP.  08133 133 8000 dan  Sdri.  Hanna  C.  George  (APISI), HP. 0818155374 serta email bicaward2018@gmail.com .
  2. Kategori Pojok Baca Dongeng: Winarti Sukaesih (YKAI), HP. 08118 117945 dan Sdri. Etty Karim (YKAI), HP. 081380696396 serta email pbdaward20 18@gmai l.com .Info lengkap download dokumen di bawah ini :
    Surat dan Pedoman BI Corner Award 2018
    Surat dan Pedoman Pojok Baca dan Dongeng PAUD Award 2018

About the author: Fithan