Perpustakaan digital mulai berkembang di penghujung 1990an. Apa hubungan perpustakaan digital dengan perpustakaan tradisional? Tidak bisa dipungkiri bahwa perpustakaan tradisional memungkinkan kelahiran perpustakaan digital yang marak sekarang ini. Mengapa tidak bisa menyingkirkan kata perpustakaan pada perpustakaan digital? Karena segala karakteristik dan nilai yang terkandung dalam kata “pustaka” menjadi prinsip dasar dari adanya  perpustakaan digital pula, penggunaan teknologi komputer dan telekomunikasi-lah yang menjadikan penyebutan perpustakaan digital.

Penggunaan kata perpustakaan memunculkan keragun tentang apa yang dimaksud dengan perpustakaan digital itu sendiri. Maka dari itu, beberapa pihak berupaya membuat kerangka konseptual atau model perpustakaan digital. Salah satu model tersebut dijelaskan oleh Rolands dan Bawden (1999), secara ringkas terlihat seperti ini:

Hal lain yang berkaitan dalam perpustakaan adalah kepustakawanan, atau dalam bahasa inggris disebut librarianships. Librarianship berintikan sebuah profesi, yaitu pustakawan. Lantas apakah kepustakawanan akan berubah ketika kita membangun dan mengembangkan perpustakaan digital? Tentu saja tidak. Perpustakaan digital melanjutkan tradisi kepustakawanan, menggunakan teknologi informasi secara intensif, namun bukan merupakan pengganti tradisi perpustakaan yang berbasis baca-tulis.

Sepintas banyak orang yang menganggap teknologi menjadi penentu utama bentuk kehidupan, sehingga teknologi database dan internet dianggap penentu bentuk perpustakaan digital. Padahal ada aspek lain yang mempengaruhi penerimaan di masyarakat, yakni aspek sosial. Beberapa gerakan ikut mendorong kemunculan konsep perpustakaan digital, seperti open access movement dan open archive initiative. Keduanya berkaitan dengan konsumsi akses digital yang dilakukan secara besar-besaran dan terjadilah perluasan dan kemudahan akses.

Sumber: Pendit, Putu Laxman (2009), Perpustakaan Digital Kesinambungan & Dinamika, Jakarta: Cita Karyakarsa Mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *