Dok. Pribadi. Peserta Seminar Akreditasi Perpustakaan

Akreditasi Perpustakaan merupakan rangkaian kegiatan proses pengakuan formal oleh lembaga akreditasi perpustakaan yang menyatakan bahwa lembaga perpustakaan telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan. Dalam upaya memberikan pemahaman tentang layanan prima perpustakaan kepada pemustaka khususnya di Universitas, maka hari senin, 26 Februari 2018, Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) mengadakan seminar bertajuk “Akreditasi Perpustakaan Menuju Layanan Prima”. Kegiatan ini dilakukan di Universitas Tanri Abeng dan dihadiri oleh para pustakawan penerima BI Corner di tingkat Universitas.

Dok. Pribadi. Antusias Peserta Seminar Akreditasi Perpustakaan

Hadir sebagai pemateri adalah Rondang Damanik, Kepala Perpustakaan Universitas Kristen Indonesia dan Deni Kurniadi, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Dalam seminar tersebut disampaikan semua hal terkait akreditasi perpustakaan. Tujuan dari akreditasi perpustakaan sendiri adalah untuk meningkatkan kepercayaan pemustaka terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan yang bersangkutan. Hasil akreditasi secara formal ditunjukkan dengan sertifikat akreditasi yang diberikan oleh Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional (LAP-N).

Dalam sesi terakhir dilakukan tanya jawab peserta kepada pemateri. Salah satunya adalah Tisyo Haryono dari Universitas Islam As-syafiiyah memberikan pertanyaan terkait perbedaan akreditasi perguruan tinggi yang dilakukan oleh BAN-PT dan LAP-N. selain itu, Kisman dari Universitas Pembangunan Jaya menanyakan terkait pengertian pustakawan. “Begini pak, sebenarnya bagaimana pengertian pustakawan yang sesuai dengan peraturan yang berlaku?,” tanya Kisman.