Dok. Pribadi. Pelatihan Automasi Perpustakaan

Salah satu yang menjadi kunci layanan prima dalam sebuah perpustakaan adalah bagaimana pelayanan dilakukan oleh pustakawan secara efektif dan efisien. Untuk mencapai hal tersebut, maka dilakukanlah sistem automasi perpustakaan. Sistem ini menerapkan teknologi informasi pada pekerjaan administratif di perpustakaan. Bidang pekerjaan yang dapat diintegrasikan dengan sistem informasi perpustakaan adalah pengadaan, inventarisasi, katalogisasi, sirkulasi bahan pustaka, pengelolaan anggota, statistik dan lain sebagainya.

Dok. Pribadi. Antusias Peserta Automasi Perpustakaan

Dalam perkembangannya, masih banyak perpustakaan di instansi yang belum melakukan automasi perpustakaan. Maka dari itu, Forum Perpustakaan Rembang didukung oleh YPPI, The Asia Foundation, Dinas Perpustakaaan dan Arsip Kabupaten Rembang, serta komunitas Rembang Membaca mengadakan pelatihan automasi perpustakaan di Rembang selama 3 hari, yaitu 16-18 Februari 2018. Kegiatan ini dilaksanakan di Sanggar budaya, Komplek Musium Kartini dan di hadiri oleh 40 peserta dari seluruh elemen Pustakawan di kabupaten Rembang, mulai dari Paud, TK, SD, SMA, dan Perpustakaan desa.

Dok. Pribadi. YPPI dan Peserta Pelatihan Rembang

Pada hari pertama, peserta mendapatkan materi pengenalan tentang automasi perpustakaan dan dilanjutkan dengan mempraktikkan langsung menggunakan aplikasi, mencetak label untuk punggung buku, dan hal teknis lainnya. Harapan forum semoga semakin banyak perpustakaan yang bisa melakukan automasi dengan baik sehingga pelayanan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Salam Literasi!