Senin, 27 November 2017, YPPI (Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia) mengadakan kunjungan ke perpustakaan di desa Sanetan, Sluke dan Dasun, Lasem, Kabupaten Rembang. Tujuan kunjungan rombongan ke dua desa tidak lain adalah untuk memberikan hibah buku dari Perpusnas dan The Asia Foundation. Kegiatan kunjungan ini merupakan salah satu wujud pengimplementasian visi YPPI, yaitu masyarakat cerdas melalui perpustakaan.

Serah terima Hibah Buku dari PERPUSNAS ke Perpustakaan Cinderalas, Sanetan, Rembang

Kunjungan pertama dimulai di Perpustakan Cindelaras, desa Sanetan, Sluke. Pendiri Perpustakaan Cindelaras 12 tahun silam tak lain adalah ibu Trini Haryanti yang juga merupakan direktur YPPI. Rombongan langsung diterima dengan baik oleh kepala desa, Bapak Jumadi beserta staf desa. “Perpustakaan Cindelaras adalah embrio berdirinya YPPI. Perpustakaan ini berdiri pada tahun 2005 dan 2 tahun kemudian berdirilah YPPI”, ungkap Ibu Trini. Kegiatan itu dilanjutkan dengan diskusi hangat beserta para pengelola perpustakaan. Seusai bincang tersebut, perjalanan dilanjutkan menuju Perpustakaan Cahaya Ilmu yang berada di desa Dasun, Kecamatan Lasem.

Serah terima Hibah Buku dari The Asia Foundation ke Perpustakaan Cahaya Ilmu, Dasun, Rembang

Pak Sujarwo, Kepala Desa Dasun mengaku sangat senang menerima kunjungan dan bantuan buku dari rombongan YPPI. “Kami sangat senang dan merasa berterimakasih atas kunjungan dan bantuan buku yang diberikan YPPI kepada perpustakaan kami yang mulai kami rintis untuk mengembangkan literasi di masyarakat”, tuturnya. Menanggapi hal tersebut, Ibu Trini menyampaikan bahwa buku-buku tersebut merupakan hibah dari The Asia Foundation. “Jadi kami sebenarnya hanya sebagai perantara saja disini. Saya berharap, semoga Perpustakaan Dasun semakin berkembang dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar”, imbuhnya.