Menurut Sulistyo Basuki (1991) memaparkan bahwa perpustakaan adalah salah satu ruangan yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca, tidak berhubungan dengan jualan buku. Keberadaan perpustakaan penting bagi kalangan anak-anak, remaja sampai orang dewasa,bahwa perpustakaan adalah sumber ilmu untuk mengawali perkembangan masa depan generasi.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 43 tahun 2007 adalah instituti pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam dilakukan dengan cara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka. Bahan informasi yang meliputi bahan pustaka cetak, bahan pustaka nonbuku dan bahan lainnya. Bisa dibilang tugas perpustakaan yang memberikan pengetahuan bagi kebutuhan informasi pemustaka/pengunjung perpustakaan.

Langkah melayani dengan kebutuhan pemustaka,didahulukan memahami apa yang keinginan pemustaka untuk menemukan informasi. Bahkan dalam ilmu perpustakaan, menyebut layanan sirkulasi adalah cara yang melayani pengembalian-peminjaman kepada pemustaka mencakup semua kegiatan pengunaan koleksi perpustakaan. Layanan sirkulasi ini hanya untuk pemustaka sudah terdaftar menjadi anggota perpustakaan. Agar memudahkan kegiatan layanan sirkulasi menjadi lancar dan tepat waktu.

Terdapat layanan sirkulasi dilakukan cara layanan mandiri. Selanjutnya, layanan mandiri adalah langkah penerapan yang efektif. Seiring waktu berkembang, perpustakaan makin tergantung pada teknologi informasi. Alasannya keberadaan teknologi informasi yang memudahkan pustakawan dan pemustaka saling berkaitan tanpa harus membutuhkan waktu lama.

Kemajuan perkembangan teknologi informasi mendorong seorang bisa melakukan suatu pekerjaan yang sendiri dibantu alat elektronik. Kepentingan layanan mandiri dalam sistem pelayanan sirkulasi bagi kalangan akademis. Layanan mandiri itu dilakukan dengan keberadaan dukungan teknologi informasi maju contohnya salah saatu pengunjung perpustakaan sebagai guru meminjam buku, kemudian mengentrikan data koleksi di laptop atau komputer tersebut tanpa bantuan pustaka, itu menunjukan salah satu pengunjung bisa mandiri. Pengaruh yang baik adalah memberikan maskimal kepuasan bagi pemustaka/pengunjung perpustakaan.