Senin lalu, 20 Maret 2017, YPPI Back to Campus hadir di Universitas Indonesia.

Program Back to Campus ini diselenggarakan di setiap kampus yang memiliki program studi ilmu perpustakaan pada khususnya dan diselenggarakan dalam bentuk kuliah umum kepada program studi Ilmu Perpustakaan angkatan 2015. Suatu kehormatan saat Bapak Dr. H. Zulfikar Zen, S.S., M.A. dan jajaran dosen ikut serta dalam acara YPPI Back to Campus, sehingga komunikasi dua arah terjadi dengan suasana kondusif.

Acara dimulai pukul 09.30 WIB di aula Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Audiens yang mayoritas mahasiswa semester 4 ini, masih harus memahami lebih dalam mengenai konsep perpustakaan terutama manajemen perpustakaan. Sebuah gedung yang berisi rak buku yang tertata rapi agaknya masih menjadi gambaran umum yang melekat di benak para mahasiswa ketika mendengar kata perpustakaan. Padahal, eksplorasi perpustakaan telah dilakukan seperti perpustakaan keliling menggunakan mobil, perpustakaan terapung, hingga pustaka bergerak yang menggunakan kuda sebagai moda kendaraan tidak bermotor. Inovasi dalam dunia pustaka harus terus dicetuskan agar masyarakat pada umumnya lebih mudah mengakses perpustakaan. Terlebih lagi, pada mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan yang menjadi garda terdepan dalam pengembangan perpustakaan.

Pengenalan dunia perpustakaan oleh Founder YPPI, Ibu Trini Haryanti, diawal idengan memutar video singkat mengenai kegiatan dan program YPPI. Sebagian besar mahasiswa sangat antuasias, terlihat dari pertanyaan yang mereka ajukan dan diskusi singkat saat selesainya acara. Mahasiswa dan YPPI dapat bekolaborasi dalam memajukan dunia perpustakaan, mulai dari penawaran menjadi relawan di YPPI, program magang, hingga membuat event untuk memperingati Hari Buku Sedunia pada April mendatang sebagai upaya penyadaran akan pentingnya literasi kepada cakupan yang lebih luas, tidak hanya pada lingkungan kampus.

Tujuan utama YPPI Back to Campus adalah agar mahasiswa mendapat inspirasi bagaimana menjadi pustakawan di era saat ini agar mengembangkan dunia literasi dan perpustakaan. Sebagai bentuk apresiasi dari YPPI, setiap mahasiswa yang melontarkan pertanyaan, jawaban, atau tanggapan akan mendapat buku. Dapat dikatakan acara YPPI Back to Campus berjalan sesuai ekspektasi dan diharapkan akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

Salam literasi!