Kuantitas lebih dari kualitas.

Berdirinya perpustakaan sebagai bangunan fisik ternyata belum cukup. Ketersediaan buku pun merupakan salah satu indikator utama yang menentukan bagus atau tidaknya manajemen perpustakaan. Buku yang dimaksud yakni yang layak baca–tidak sobek, penyampulan dengan katalogisasi, dan penempatan buku di rak sesuai kategori.

Sebagai bentuk dukungan non-finansial kepada lembaga, yayasan, komunitas, atau pun kelompok yang peduli literasi melalui hibah buku. Berkat kerja sama dengan partner, Asia Foundation, YPPI menjalankan tugas menyalurkan buku-buku kepada pihak yang membutuhkan (non-individu). Di samping itu, YPPI menyediakan buku dari dana pribadi yayasan sebagai bentuk CSR. Seperti pada tahun 2015, sebelumnya sejumlah mahasiswa yang melaksanakan program KKN (Kuliah Kerja Nyata) ingin membagikan buku pada anak-anak di lokasi KKN, maka buku yang dihibahkan akan YPPI seleksi terlebih dahulu sesuai dengan bacaan anak-anak. Sebelum menghibahkan buku, YPPI akan melakukan verifikasi data tentang rincian program mengenai penerima manfaat, di mana program berlangsung, dan berapa banyak jumlah buku yang tersedia. Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi agar tidak terjadi penyalahgunaan untuk kepentingan pribadi. Hibah buku ini diharapkan dapat membawa berkah kepada pihak lain yang tidak dapat dijangkau langsung oleh YPPI (indirect services).

Bagi PAUD atau komunitas yang membutuhkan pun kami akan melakukan hibah buku sesuai dengan persediaan. Jika permohonan hibah buku disetujui oleh YPPI, perwakilan dari penerima hibah akan dihubungi untuk datang langsung ke kantor YPPI pada alamat yang tertera di website. YPPI tidak dapat melakukan pengiriman paket tanpa bertatap muka terlebih dahulu.

Berikut pihak penerima Hibah Buku:

1 UK Petra 100 eks
2 STKIP PGRI Sidoarjo 103 eks
3 STIKES Hafshawati Probolinggo 97 eks
4 Stikes Nurul Jadid Probolinggo 95 eks
5 Perpustakaan PAUD Roudhatul Thalibin 100 eks
6 Perpustakaan Wijaya Putra 144 eks
7 Perpustakaan ITS Surabaya 117 eks
8 Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya 48 eks
9 STIE Indonesia Malang 87 eks
10 PGRI Ronggolawe Tuban 70 eks
11 STIKIP PGRI Tulung Agung 85 eks
12 Universitas Muhammadiyah Ponorogo 150 eks
13 Universitas Negeri Surabaya 75 eks
14 Perpustakaan Untag Surabaya 46 eks
15 Perpustakaan BJ Habibie 24 eks
16 FPPTI Jawa Timur 75 eks
17 Perpustakaan Daerah Malang 50 eks
18 Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Malang 45 eks
19 Perpustakaan Daerah Nganjuk 150 eks
20 Universitas Katolik Darma Cendika 40 eks

Jangan berhenti mengabdi untuk literasi demi menciptakan generasi yang lebih baik.

Salam literasi!