SEPULUH TAHUN YPPI: SERIBU KILOMETER SERIBU BUKU

pembagian buku di kereta apai
Pembagian Buku di Gerbong Kereta Api

YPPI merayakan hari jadi ke-10 yang jatuh pada Selasa, 10 Januari 2017 lalu dengan menyusuri jalan sepanjang 1.000 kilometer dan membagikan buku sebanyak 1.000 eksemplar kepada semua penumpang di stasiun dan gerbong kereta. Tim rombongan yang berjumlah 17 orang melambangkan tahun 2017 yang berada di gerbong 1 yang melambangkan bulan Januari.

Titik awal keberangkatan dari Banyuwangi, Jawa Timur dengan tujuan akhir Stasiun Gambir, Jakarta. Filosofi 1.000 km merupakan jalan yang dilalui YPPI mencapai ribuan kilometer ke berbagai wilayah di Indonesia serta banyaknya buku yang telah disalurkan.

Keberhasilan acara ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak. Bersama aktivis literasi, Melvi dan Gultom dari Gramedia, Sinta dari Asia Foundation, Nita dari UKM Pasuruan, Eko Cahyono dari Perpustakaan Anak Bangsa Malang, Sri Sularsih selaku mantan Kepala Perpustakaan Nasional, Hermin mantan Deputi I Perpustakaan Nasional, Hadian pendongeng, penggiat literasi Yusron A. dan Teguh W. Utomo, serta penulis dan 14 orang tim YPPI yang penuh semangat berbagi buku ke semua penumpang.

“Kami dukung acara positif ini. Semoga berjalan lancar” tutur Humas KAI Daop 8, Gatot, berkoordinasi dengan Daop 3 Cirebon yang turut mendukung kegiatan ini. Menariknya, antusiasme penumpang sangat tinggi. Terbukti, saat pembagian buku para penumpang saling memperebutkan buku. Bahkan suasana saling berbagi menjadi indah, diawali pemberian buku kepada Kepala Stasiun Cirebon dan dilanjutkan kepada para penumpang kereta.

About the author: admin