YPPI- Semangat pagi Paud indonesia,
Pengembangan pojok baca dan dongeng untuk Paud seluruh nusantara telah selesai dilakukan dengan tepat waktu oleh tim YPPI (bulan Juni – Agustus 16). Pojok baca dan dongeng yang dimaksud hakekatnya adalah sebuah perpustakaan mini yang dibuat untuk komunitas anak anak paud sehingga koleksi nya disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan anak anak. Kerjasama YPPI dengan BI (Bank Indonesia) telah berhasil meun pojok baca sebanyak 133 buah yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia, tahun 2016 sebanyak 50 buah dan selenihnya dibangun pada tahun 2014 dan 2015.

icon_1_image_x16

23

“Kami berharap pojok baca semacam ini terus dikembangkan sampai ke pelosok dan ujung negeri”, disampaikan Bu Ziah kepala Paud Hairul Khairot Tidore, maluku utara dengan penuh harap dengan dalih mempercepat meratanya kecerdasan anak Indonesia.

Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) menghibahkan bantuan perpustakaan untuk lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam bentuk pojok baca dan dongeng, yang diperuntukan bagi Paud Paud di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Paud Karya Kasih dan Paud Kasih mama yang berlokasi di kota Jayapura merupakan salah satu Paud Penerima hibah PSBI,”Anak didik kami sangat gembira dengan bantuan ini, koleksi buku dongeng dan lainnya akan sangat berguna bagi kami memacu semangat belajar anak anak”, disampaikan bunda Magdalena kepala sekolah Paud Karya Kasih.

5

Program hibah PSBI memberikan seperangkat peket perpustakaan yang terdiri atas ; 1 set walapaper, rak buku, meja baca, buku 100 eksemplar, karpet eva mat serta 6 set boneka dongeng yang semuanya diberikan melalui YPPI dengan mekanisme hibah murni, dengan syarat utama sanggup memanfaatkan dan mengembangkan secara mandiri dikemudian hari. 80% buku yang diberikan terdiri atas buku dongeng karena mendengarkan dongeng merupakan cara efektif untuk mentransformasi pengetahuan kepada anak anak. ”Layanan mendongeng ini biasanya sangat digemari anak-anak terutama usia balita dan usia awal sekolah dasar. Pada usia ini anak-anak memiliki rasa ingin tahu. Karena itu sangat tepat bila pada usia ini diperkenalkan buku-buku yang sesuai dengan alam pikiran anak-anak. Buku tersebut dapat dibacakan oleh guru Paud/pustakawan dengan cara seperti mendongeng”, disampaikan direktur YPPI dalam blog pribadinya, triniharyanti.id.

Berdasarhan hasil monitoring sementara, pojok baca dan dongeng yang telah terpasang di masing masing Paud penerima hibah, menyatakan anak didik sangat bergembira dengan adanya pojok baca yang ada di lingkungan sekolahnya, antusiasme yang tinggi terlihat pada semangat anak anak mencari buku buku yg ada sesuai keinginannya. Kegiatan mendongeng oleh guru lebih sering dilakukan di lokasi pojok baca dan dongeng yang ada. Boneka dan buku yang ada merupakana fasilitas tambahan alat peraga pendidikan bagi Paud yang sangat membantu keberhasilan metode pendidikn yang diterapkan. \im\

Salam literacy.