ConocoPhillips Indonesia (COPI) bekerja sama dengan  Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) menyumbangkan 2 (dua) unit
mobil perpustakaan keliling untuk mengunjungi sekolah-sekolah dan tempat-tempat umum di wilayah Kecamatan Palmatak dan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Propinsi Kepulauan Riau.

Mobil yang diberi nama Pustaka Hydron ini diserahkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas, Heriyanto bertepatan dengan perayaan ulang tahun Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang ke-32 tanggal 17 Mei 2012.

Peresmian Conocophilips Indonesia Sumbang Mobil Perpustakaan Keliling
Peresmian Conocophilips Indonesia Sumbang Mobil Perpustakaan Keliling

“Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas kepedulian ConocoPhillips Indonesia dan juga BPMIGAS dalam hal mengembangkan minat baca, khususnya untuk masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasi perminyakan” ucap Sri Sularsih, Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Setiap daerah dipersilakan bekerja sama dengan pihak swasta untuk pengembangan perpustakaan dan minat baca. Kerja sama tersebut, kata Sri, dilakukan dalam bentukcorporate social responsibility (CSR) perusahaan swasta seperti yang dilaksanakan oleh ConocoPhillips Indonesia.

Kepala Sub Dinas Pengembangan Masyarakat BPMIGAS, Ryan B. Wurjantoro yang hadir dalam acara tersebut menyatakan bahwa buku adalah jendela ilmu. Setiap hari ribuan buku diterbitkan, tapi tidak semua anak-anak kita memiliki kesempatan untuk mengakses pengetahuan yang ada di buku-buku itu. Apa yang dilakukan oleh Conocophilips adalah sebuah upaya mulia untuk menyediakan akses bagi anak-anak kita khususnya di
daerah yang memiliki akses terbatas, agar memiliki kesempatan membaca buku-buku berkualitas untuk menunjang pendidikannya.

Pustaka Hydron memiliki anggota sekitar 2000 siswa-siswi dari 17 sekolah SD, SMP, SMA serta masyarakat pada umumnya di Kecamatan Palmatak and Siantan. Sebagai gambaran, total siswa seluruh sekolah dikedua kecamatan tersebut adalah sekitar 8000 siswa. Selain unit kendaraan dan buku-buku, Pustaka Hydron juga menyediakan Pelatihan manajemen perpustakaan bagi sekolah-sekolah juga operator lokal untuk melanjutkan operasi perpustakaan keliling ini secara mandiri di kemudian hari.

Sumber : Indonesianway.com