Hari Buku Dunia ditetapkan oleh UNESCO sebagai perayaan di seluruh dunia buku dan membaca, dan ditandai di lebih dari 100 negara di seluruh dunia. Pertama kali Hari Buku di rayakan di Inggris dan Irlandia, di mana saat itu mawar dan buku-buku yang diberikan sebagai hadiah kepada orang-orang terkasih di St George’s Day – sebuah tradisi mulai lebih dari 80 tahun yang lalu. Peringatan Hari Buku di Inggris dan Irlandia jatuh pada tanggal 4 Maret, namun demikian sebagian besar negara negara lain di dunia merayakan setiap 23 April.

Perayaan ditandai oleh kemitraan antara Penerbit, Perpustakaan, Sekolah yang bertujuan mempromosikan buku sebagai media pengkayaan pribadi. Perayaan juga bertujuan untuk menciptakan kecintaan buku kepada anak anak, supaya mereka memiliki kesempatan memiliki buku sebagai koleksi pribadi dan menjadi kebanggan anak.
Perpustakaan, Hibah Buku, E-Library, YPPI, Pustakawan, Sertifikasi Pustakawan, Lomba Perpustakaan, Bantuan Perpustakan Desa,
Di Indonesia World Book Day (WBD) dirayakan di Jakarta dan Surabaya, juga di kota besar lainnya secara terpisah dan memiliki event yang berbeda dengan tujuan yang sama.

Di Surabaya akan dirayakan pada tanggal 25 April dibawah koordinasi Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia, dan didukung oleh sponsor dari berbagai kalangan dan Pemerintah Daerah dan Kota Surabaya. Lokasi Perayaan diadakan di Taman Bungkul diharapkan semakin banyak masyarakat yang tahu akan WBD

Untuk informasi internasional tentang Hari Buku Dunia, silakan kunjungi http://www.unesco.org/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *